TUPOKSI KAWASAN PERMUKIMAN

BIDANG PENGEMBANGAN KAWASAN PERMUKIMAN

 

Tugas pokok Pengembangan Kawasan  Permukiman adalah melaksanakan sebagian tugas Dinas Perumahan Dan Permukiman di Bidang Kawasan Permukiman. Dalam melaksanakan tugas pokok, Bidang Pengembangan Kawasan  Permukiman  mempunyai fungsi:

  1. Penyelenggaraan penyusunan program kerja Bidang Kawasan Permukiman;
  2. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  3. Penyelenggaraan penyusunan Petunjuk Teknis Pembinaan Pengembangan Kawasan Permukiman serta pendampingan program pusat dan provinsi, program bantuan keuangan desa Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman;
  4. Penyelenggaraan kegiatan perumahan dan penataan bangunan serta pendampingan program pusat dan provinsi, program bantuan keuangan desa Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman;
  5. Penyelenggaraan pembinaan teknis, pengawasan dan rekomendasi dalam rangka pelayanan umum di Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman;
  6. Penganalisa permasalah yang berhubungan dengan tugas Bidang pengembangan Kawasan Permukiman dan mencarikan alternatif pemecahannya;
  7. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan yang berkaitan dengan tugas Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman;
  8. Penyusunan NSPM dan melaksanakan SPM Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman;
  9. Pelaksanaan koordinasi dengan Perangkat Daerah terkait; dan
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman.

Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaan

Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaan, mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan program kerja, petunjuk teknis, pembinaan teknis, penyuluhan teknis, kebijakan teknis Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaan;
  2. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  3. Melaksanakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi, dan laporan Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaan;
  4. Menyiapkan bahan penyelenggaraan NSPM dan Pelaksanaan SPM Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaan;
  5. Menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan tugas Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaasn serta mencarikan alternatif pemecahannya;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan Perangkat Daerah terkait di Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perkotaan; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman.

Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Pedesaan  

Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Pedesaan, mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan program kerja, petunjuk teknis, pembinaan teknis, penyuluhan teknis, kebijakan teknis Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perdesaan;
  2. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  3. Melaksanakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan laporan Bidang Pengembangan Kawasan Lingkungan Perdesaan;
  4. Menyiapkan bahan penyelenggaraan NSPM dan pelaksanaan SPM Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perdesaan;
  5. Menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan tugas Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Perdesaan serta mencairkan alternatif pemecahannya;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan unit kerja terkait di Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Perdesaan;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman.

Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus 

Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus, mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan program kerja, petunjuk teknis, pembinaan teknis, penyuluhan teknis, kebijakan teknis Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus;
  2. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang – undangan dan ketentuanan lainnya yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  3. Melaksanakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan laporan Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus;
  4. Menyiapkan bahan penyelenggaraan NSPM dan pelaksanaan SPM Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus;
  5. Menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan tugas Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus serta mencarikan alternatif pemecahannya;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan unut kerja terkait di Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Khusus; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman.