Visi & Misi

Berdasarkan penelaahan visi dan misi Kabupaten Jombang, maka
visi Dinas Perumahan Dan Permukiman adalah:
“Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Melalui Pembangunan
Bidang Perumahan yang Layak, Produktif dan Berkelanjutan ”
Pemahaman atas pernyataan visi tersebut mengandung makna terjalinnya sinergi yang dinamis antara Dinas Perumahan Dan Permukiman dan seluruh stakeholders dalam merealisasikan pembangunan Kabupaten Jombang secara terpadu. Secara filosofis visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung didalamnya, yaitu:

Visi
a.Sejahtera adalah tujuan akhir yang diharapkan dari berjalannya roda pembangunan dalam mengerahkan segala potensi sumber daya yang dimiliki.
b.Pembangunan adalah adanya upaya peningkatan pengembangan permukiman yang terencana sehingga secara kualitas mutu dapat ditingkatkan, sedangkan secara kuantitas dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan arahan tata ruang.
c.Layak adalah bagian dari kenyamanan. Pembangunan menuju hal yang bisa diartikan aman, asri, sesuai dengan standar hidup manusia dan mampu mendorong keberlanjutan dari kehidupan yang lebih baik.
d.Produktif adalah tingkat kemanfaatan dari sebuah pembangunan. Pembangunan yang diinginkan yaitu mampu menyumbangkan hal positif dan dapat bermanfaat bagi masyarakat secara jangka panjang.
e.Berkelanjutan adalah dampak dari kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap merupakan pembangunan yang ramah terhadap lingkungan sehingga tidak merusak ekosistem yang telah ada dengan mempertimbangkan tetap terpeliharanya kuantitas dan kualitas sumber daya alam dan lingkungan.

Misi
Misi adalah rumusan umum mengenal upaya-upaya yang akan dilaksanakan dan diwujudkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan tugas pokok dan fungsi serta dilandasi oleh visi, maka misi Dinas Perumahan Dan Permukiman Kabupaten Jombang 2014-2018, dirumuskan dalam 3 (tiga) misi sebagai berikut.
1.Mewujudkan lingkungan permukiman yang layak dan mendorong masyarakat untuk mampu memenuhi kebutuhan permukiman yang sehat, teratur dan berkelanjutan di perkotaan dan perdesaan.
2.Terwujudnya Perumahan dan tata bangunan yang tertata, nyaman dan berkelanjutan.
3.Mewujudkan organisasi yang efektif, efisien dan SDM yang profesional dengan menerapkan prinsip good governance.